PERBEDAAN POLA ASUH AYAH DAN IBU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK

Authors

  • Alfun Khusnia Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
  • Cahya Saptarini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Meta Anggrilia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Salwa Farhanah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dwi Kinarya Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Tri Dani Kusuma Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61994/jcss.v1i2.313

Keywords:

Pola Asuh, Kecerdasan Emosional

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbedaan pola asuh ayah dan ibu terhadap kecerdasan emosional anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini remaja yang berada di Kota Palembang. Dengan jumlah sampel 150 partisipan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan pola pengasuhan ayah dan ibu serta kecerdasan emosional. Menggunakan instrumen Measure Of Parental Style (MOPS) untuk mengukur pola asuh ayah dan ibu,  Schutte’s Self-Report Emotional Intelligence Test (SSEIT) untuk mengukur kecerdasan emosional. Analisis data statistik menggunakan JASP.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam gaya pengasuhan atau pola asuh orang tua antara ibu dan ayah dari kecil hingga dewasa yang mempengaruhi tingkat emosional anak. Gaya pengasuhan antara ayah dan ibu sama-sama berpengaruh dan jika dilakukan bersama-sama akan lebih baik dan lebih bagus karena ayah dan ibu itu memang harus berkerja sama dan antara ayah dan ibu itu memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengasuh, mendidik dan dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak ini dijelaskan dalam Teori Albert Bandura.

References

Kholifah. (2018). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL AUD TK MUSLIMAT NU 1 TURBAN. Pendidikan Anak, 7(1), 102-138.

Kritzas, N. G. (2005). The Relationship between perceived parenting style and resilience during adolescence. Journal of Child and Adolescent Mental Health, 17(1), 1-12.

Mahima Jabak R., M. D. (2023). A Study on Perceived Parenting Styles and Emotional Intelligence Among Indian Sibling. International Journal of Scientific Developmentand Research , 8(7), 172-177.

Mishra, D. S. (2022). A Relationship between emotional intelligence and perceived parenting style among undergraduate in Delhi University.

Nur Afni Oktavia, N. N. (2020, january 1). Dampak perbedaan pola asuh ayah dan ibu terhadap perkembangan emosional anak usia 4-5 tahun. Jurnal program studi PGRA, 6(1), 10-17.

Parker, G. R.-P. (1997). The Development of a refined measure of dyfunctional parenting and assesment of its relevancein patients with affectivedisorders. Psychological Medicine, 27, 1193-1203.

Schmalor, A. S. (2022). Subjective Economic Inequality Decreases Emotiona lIntelligence,Especially for People o fHigh Social Class. social psychological and personality science, 13(2), 608-617.

Schutte, N. S. (1994). Development and Validation of A Measure of Emotional Intelligence . Personality and Individual Differences, 25(2), 754-770.

Viegas, V. H. (2014). A Study of Birth Order and Emotional Intelligence Among Adolescents form dual-parent homes In Goa. International of Education and Management Studies, 4, 203.

Yulia susanti, E. M. (n.d.). Gambaran Perkembangan mental emosional pada remaja. nures roles in providing spritual care in hospital, academic and adolescent, (pp. 38-48). kendal.

Downloads

Published

30-12-2023