Penggunaan Gadget Mempengaruhi Kualitas Tidur Mahasiswa?

Authors

  • Arna Khairunnisa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dien Novita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Vera Azzahra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dini Nadiatul Haq Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutiah Lestari Universitas Sriwijaya
  • Niken Novia Wenty Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61994/educate.v2i1.345

Keywords:

Gadget, Sleep Quality, Student

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak penggunaan gadget terhadap kualitas tidur siswa. Penelitian ini menggunakan jenis studi literatur dan penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mengukur kualitas tidur siswa. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah pelajar di Kota Palembang. Kriteria eksklusi dalam penelitian ini adalah siswa yang tidak bersedia menjadi responden penelitian dan tidak mempunyai gadget. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner berupa Google form. Uji yang digunakan adalah uji chi square untuk melihat hubungan antara variabel penggunaan gadget dengan kualitas tidur siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan gangguan tidur adalah gadget tidak mempengaruhi kualitas tidur, hubungan tersebut diperoleh dari Hasil penelitian positif, perempuan lebih sering bermain gadget dibandingkan laki-laki, dan kualitas tidur perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki. Implikasi dari penelitian ini menawarkan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh gadget terhadap pola tidur siswa, memberikan dasar bagi pengembangan strategi yang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka.

References

Pranaputra, I. B. G. W. (2022). GAMBARAN KUALITAS TIDUR PADA ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH PUSKESMAS I DENPASAR BARAT TAHUN 2022 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan 2022).

Aminuddin, M. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(1), 51–71.

Creswell, Jhon W. (2010). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

P.Lis Thomas, R.Gurung, M.Mahalakshmi. Night time gadget use and quality of sleep among health science students in Bangalore, India. Rwanda medical journal.Vol.79, no.04, pp 13-20 (2022).

Ariani, M., Elita, V., & Zulfitri, R. (2015). Hubungan intensitas penggunaan jejaring sosial terhadap kualitas tidur remaja di SMAN 3 Siak. Journal of Nurshing Care, 1–11.

Rakhman. A, Prastiani. D. B, Permatasari. E. D, Amalianti. V. (2023). Hubungan Lama Pemakaian Smartphone dengan Tingkat Kualitas Pada Remaja Di Kabupaten Brebes. Care Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol 11, No 3, 2023, hal 450-457.

Bolle, C. (2014). “Who is a smartphone addict?” The impact of personal factors and type of usage on smartphone addiction in a Dutch population.Thesis. University of TwenteEnschede.

Nashori, H.F. 2004. Menggapai Prestasi Puncak dengan Meningkatkan Kualitas Tidur dan Kualitas Mimpi. Makalah. Disampaikan dalam Kongres IX Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), Surabaya, 14-17 Januari 2004.

Humanistic Network for Science and Technology. (2019). Durasi Penggunaan Gadget Berpengaruh Terhadap Kelelahan Mata pada Siswa Usia 16-18 Tahun.

Downloads

Published

08-04-2024