PELATIHAN BRICKET ARANG SEBAGAI ALTERNATIF ENERGI

Authors

  • Faridatul Mukminah Universitas Tridinanti
  • Tri Woro Setiati Universitas Tridinanti
  • Padriyansyah Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.61994/bersama.v1i2.247

Keywords:

Pelatihan, Briket Arang

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini untuk melakukan sosialisasi penyuluhan tentang pembuatan dan pelatihan briket arang dari bahan batok kelapa sebagai pengganti energi bahan bakar. Metode yang digunakan yaitu dengan cara memapaparkan mengenai proses pembentukan briket berbahan arang tempurung kelapa menggunakan alat dan bahan yang telah disiapkan. Pelaksanaan pelatihan dimulai dari paparan langsung mengenai proses pembakaran hingga terbentuknya arang tempurung kelapa yang dilanjutkan dengan paparan mengenai pengemasan penjualan agar diminati oleh calon pembeli di pasaran. Hasil kegiatan yaitu Peserta pelatihan telah memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pembuatan briket arang sebagai alternatif bahan energy dimana Briket tempurung arang berhasil dibuat oleh peserta sesuai dengan hasil yang ingin dicapai.

References

Budi, E. (2017). Pemanfaatan briket arang tempurung kelapa sebagai sumber energi alternatif. Sarwahita, 14(01), 81-84

Makaruku, M. H., Tanasale, V. L., & Goo, N. (2022). PEMANFAATAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA MENJADI BRIKET ARANG SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF DI DESA KAMARIAN KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. JURNAL HIRONO, 2(2), 148-157

Marwanza, I., Azizi, M. A., Nas, C., Patian, S., Dahani, W., & Kurniawati, R. (2021). Pemanfaatan briket arang tempurung kelapa sebagai bahan bakar alternatif di Desa Banjar Wangi, Pandeglang, Provinsi Banten. Jurnal AKAL: Abdimas dan Kearifan Lokal, 2(1)

Wahyunadi, W., Udiyyani, M., Putri, D. H., Wa’asi, A., Maulana, I., Habiburrahman, L. M., ... & Safirah, S. (2023, June). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA MENJADI ENERGI TERBERUKAN DI DESA POHGADING TIMUR. In Prosiding Seminar Nasional Gelar Wicara (Vol. 1, pp. 310-313)

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

PELATIHAN BRICKET ARANG SEBAGAI ALTERNATIF ENERGI. (2023). Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 98-103. https://doi.org/10.61994/bersama.v1i2.247