Pelatihan Penganggaran Kas pada Pelaku UMKM Katering di Jalan Alauddin Kota Makassar

Authors

  • Ilma Wulansari Hasdiansa Universitas Negeri Makasar
  • Siti Hasbiah Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.607

Keywords:

Pelatihan Penganggaran Kas, Pelaku UMKM , Katering

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pelaku UMKM Katering yang belum mampu Menyusun anggaran usaha. Kemampuan Menyusun anggaran sangat bermanfaat untuk mengatasi ketidakstabilan keuangan dengan memantau pengeluaran dan pemasukan setiap periode. Penyusunan anggaran juga bermaksud untuk membuat sasaran usaha agar jelas, sehingga terhindar dari ketidakstabilan usaha dari pihak luar.metode yang digunakan adalah survei, wawancara, sosialisasi, edukasi, pelatihan dan evaluasi. Pelatihan berupa pemberian teori dan praktik pembuatan laporan anggaran. Setelah dilakukanya pelatihan penyusunan anggaran tingkat pemahaman pelaku usaha terhadap pengetahun menyusun anggaran meningkat yang dapat dilihat dari hasil pre test dan post test peningkatan tersebut meningkat pada anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, dan anggaran kas, dengan tingkat pemahaman rata rata 40% sebelum dilakukan kegiatan pengabdian dan meningkat hingga 90% setelah dilakukan pengabdian. Dengan adanya pelatihan ini usaha Katering di Jl. Alauddin dapat berkembang.

References

Arifin, J. (2007). Pengaruh karakteristik gaya penyusunan anggaran terhadap efisiensi biaya. Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen, 9(1).

Catur, S., & Parulian, S. R. (2010). Anggaran. Jakarta: Salemba Empat.

Dwiastanti, A., Wahyudi, A., Waluyo, S., Rahmadhani, A., & Sanjaya, R. A. (2023). Pelatihan Penyusunan Anggaran Bagi Usaha Kecil dan Menengah di Desa Kalisongo Kabupaten Malang. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-45.

Efriandy, I., Mukhtaruddin, M., & Yusuf, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Anggaran Biaya Produksi pada UMKM Batu Bata di Kelurahan Talang Jambe Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3).

Fauziyyah, N., Kembauw, E., Solissa, F., Pattiapon, M. L., Suciati, R., Rahmadani, R., ... & Budiasih, Y. (2021). Penganggaran Perusahaan sebuah Tinjauan Teori dan Praktis.

Nurhadi, A., & Effendy, A. A. (2020). Penganggaran perusahaan. Cetakan Pertama.

Surya, A., Yunindra, A. E., Sari, M., Deffi, S. W. P., & Salwa, S. (2023). Pelatihan Menyusun Anggaran Untuk UMKM Di Desa Pahawang. INSAN MANDIRI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-14.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Pelatihan Penganggaran Kas pada Pelaku UMKM Katering di Jalan Alauddin Kota Makassar. (2024). Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 01-06. https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.607