Pengenalan pembuatan pupuk organik dari sampah bekas rumah tangga di kelurahan Sako Palembang

Authors

  • Faizah Suryani Program Studi Teknik Industri, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Devie Oktarini Program Studi Teknik Industri, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Madagaskar Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Rita Maria Veranika Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • M. Ali Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Hermanto MZ Program Studi Teknik Industri, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.667

Keywords:

Pupuk organik, sampah rumah tangga, pengelolaan sampah, pengabdian masyarakat, Kelurahan Sako.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program pengenalan pupuk organik dengan menggunakan bahan sampah rumah tangga di Kelurahan Sako, Palembang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat di kelurahan ini adalah tingginya volume sampah rumah tangga dan rendahnya kesadaran akan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Melalui program ini, diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir dan meningkatkan kesuburan tanah melalui penggunaan pupuk organik. Metode pengabdian yang digunakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dengan studi literatur dan analisis situasi untuk memahami kondisi lingkungan dan pola pengelolaan sampah di Kelurahan Sako. Pelatihan dan praktik pembuatan pupuk organik diberikan kepada masyarakat melalui sesi teori, demonstrasi, dan praktik langsung. Pendampingan dan monitoring dilakukan untuk memastikan masyarakat dapat mengolah sampah organik dengan benar dan efektif. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan pembuatan pupuk organik. Volume sampah yang diolah menjadi pupuk organik meningkat, dan kualitas pupuk yang dihasilkan memenuhi standar yang diharapkan. Program ini berhasil memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kesimpulannya, program pengenalan pupuk organik di Kelurahan Sako, Palembang, efektif dalam mengatasi permasalahan sampah rumah tangga dan memberikan manfaat lingkungan serta ekonomi. Rekomendasi untuk selanjutnya adalah mengembangkan model program ini di daerah lain dengan kondisi serupa untuk meningkatkan dampak positif yang lebih luas

References

Amida, N., & Rohiat, S. (2021). Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme pada Level Rumah Tangga menuju Konsep Eco-Community. 1(2), 43–46.

Ani Firda., Akhirini., Rosmalinda (2024) Analisis Produktivitas Alat Berat dalam Pengelolaan Sampah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang 1. (2024). 4247(April), 23–30.

Balkis (2021). ORGANIK CAIR UNTUK PERTUMBUHAN SEMAI PALA THE USING OF BANANA PEEL WASTE AS LIQUID ORGANIC FERTILIZER TO. 3(300 ml), 213–224. https://doi.org/10.30598/jhppk.2021.5.2.213

Gustina, E. (2022). TANGGA PADA MASYARAKAT DI PINGGIRAN SUNGAI MUSI KOTA PALEMBANG TAHUN 2022. 2(4), 409–416.

Hartati, T. M., Dwiputranti, O., Tanah, S. I., Pertanian, F., & Khairun, U. (2021). Pemberdayaan kelompok ekonomi produktif melalui pelatihan pembuatan pupuk organik dari kulit pisang #. XV(2), 6–12.

Iva B. (2022). Jurnal abdimas maduma. 23–27. Pengabdian, J., Masyarakat, K., Limbah, M., & Pisang, K

Kurniawan (2022). Jurnal Berdaya Mandiri TRAINING IN MAKING LIQUID ORGANIC FERTILIZERS Jurnal Berdaya Mandiri. 4(1), 808–819.

Kurniawati, R. D., Fauziah, D. A., Stellata, A. G., Oktafiani, H., Setiawati, R., Nurhaliza, F., Akbar, H., & Nugraha, M. F. (2024). Jurnal Pepadu Jurnal Pepadu. 5(1), 1–13.

Maryadi Deri., Moulita Nurul RA., Tolu Tamalika., Azhari., Suryani Masyarakat, P., Maryadi, D., Tridinanti, U., Moulita, R. A. N., Tridinanti, U., Suryani, F., Tridinanti, U., Tridinanti, U., Tamalika, T., Tridinanti, U., Palembang, K., Enterprises, M., Improvement, C., Mikro, U., & Maryadi, D. (2024). SOSIALISASI PENERAPAN CONTINUOUS IMPROVEMENT ( KAIZEN ) PADA UMKM PERCETAKAN AL-TISYAH DI KOTA. 2(1), 97–103.

Shitophyta, L. M., Amelia, S., & Jamilatun, S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK KOMPOS DARI SAMPAH ORGANIK DI RANTING MUHAMMADIYAH TIRTONIRMOLO ,. 2(1), 136–140.

Tamalika, T., Maryadi, D., Moulita, R. A. N., Fitra, A., Malik, A., & Aziz, I. (2024). Jurnal Pengabdian Pengenalan Material Requirement Planning ( MRP ) Untuk Penjadwalan Produksi Di Usaha Pempek Skala Rumah Tangga. 2, 1–8.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Pengenalan pembuatan pupuk organik dari sampah bekas rumah tangga di kelurahan Sako Palembang. (2024). Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 31-39. https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.667