Pengenalan Rumus Fungsi Ms.Excel dalam Membuat Laporan Keuangan pada Siswa SMA Islam Az Zahra Palembang

Authors

  • Padriyansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Riza Syahputera Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Dimas Pratama Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Said Agiel Husein Al Munawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  • Eiffel Oryza Satyva Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.682

Keywords:

Rumus fungsi, Microsoft Excel, Laporan Keuangan

Abstract

Microsoft excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai akuntansi pada Microsoft excel berdasarkan rumus dan fungsi yang ada pada aplikasi tersebut. Lokasi tempat pengabdian ini akan dilakukan pada laboratorium komputer di SMA Islam Az-Zahra Palembang. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, diskusi dan evaluasi. Adapun peserta dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru, staf dan siswa sebanyak 30 orang. Hasil dari pengabdian yang dicapai yaitu : a) Peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan semangat. b) Dengan adanya materi dan pelatihan komputer pada program Microsoft Office Excel, maka dapat diketahui bahwa peserta masih membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai penggunaan Microsoft Office Excel dalam penyusunan laporan keuangan melalui metode praktik dan tanya jawab. c) Adanya feedback dari peserta dengan adanya respon dan tanya jawab serta permintaan untuk mengisi kembali dengan materi yang lain.

References

Febriandirza, A., & Saraswati, A. M. (2022). Pelatihan Microsoft Excel Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok. Abdi Reksa, 3(1), 9-15.

Ikatan Akuntan Indonesia., 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 Laporan Keuangan, Jakarta: IAI

Judhia, F. (2009). Pemanfaatan Microsoft Exel Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Secara Otomatis. Media Informatika, 8(1).

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Kusrianto, Adi. 2012. Aplikasi Excel Untuk Guru. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Muasomah, M. (2021). PEMANFAATAN MICROSOFT EXCEL DALAM MEMBANTU PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI TPQ AN-NAJAH TIRTO PEKALONGAN. Al-Khidmat, 4(1), 28-35.

Munawir, (2014). Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta: Liberty

Sujarweni, V. Wiratna. 2019. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Wijayanti, S., Primadiyono, Y., & Purbawanto, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Peningkatan Hasil Belajar TIK pada Siswa SMP Negeri 1 Ulujami. Edu Komputika Journal, 4(1), 47-47.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Pengenalan Rumus Fungsi Ms.Excel dalam Membuat Laporan Keuangan pada Siswa SMA Islam Az Zahra Palembang. (2024). Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 40-52. https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.682