Konsep Etika Bisnis Dan Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Authors

  • Isnain Fitri Auli Yanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ulfian Ulfian Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febta Febriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Delia Oktariza Bayulpa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mulia Safitra Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dipa Jamantya Tarigan Universitas Krisnadwipayana Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.61994/econis.v2i1.456

Keywords:

Zakat, Wakaf , Hadiah

Abstract

ABSTRACT

Business Ethics in Sharia Economics which is based on Islamic principles which include justice, honesty, transparency, and avoiding riba (interest), maysir (gambling), gharar (excessive uncertainty), as well as respecting the rights of individuals and society in general, Business in sharia economics, it is expected to comply with Islamic laws in all aspects of its operations. Meanwhile, consumer behavior in sharia economics is also influenced by Islamic values, such as justice, generosity, honesty, and respect for the rights of consumers and producers. Consumers in a sharia economy are expected to avoid products or services that conflict with Islamic principles, such as alcohol, pork, or products that involve ribawi practices. The aim of this research is to gain a better understanding of how business ethics and consumer behavior can be regulated and implemented in the context of sharia economics, as well as to identify areas where there is a need for improvement or further development in appropriate business practices and consumer behavior. with Islamic principles. This research uses quantitative methods. This research data collection technique comes from official and trusted sources on Google, and we also carry out direct observations observing the behavior of business people and consumers.

ABSTRAK

Etika Bisnis dalam Ekonomi syariah yang didasarkan pada prinsip-prinsip islam yang mencakup keadilan,kejujuran,transparansi,dan menghindari riba (bunga), maysir (penjudian), gharar (ketidakpastian berlebihan), serta menghormati hak-hak individu dan masyarakat secara umum, Bisnis dalam ekonomi syariah diharapkan untuk mematuhi hukum-hukum islam dalam semua aspek operasionalnya.sedangkan Prilaku Konsumen dalam Ekonomi Syariah juga dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam,seperti keadilan,kedermawanan,kejujuran,dan menghormati hak-hak konsumen serta produsen. Konsumen dalam ekonomi syariah diharapkan untuk menghindari produk atau layanan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip islam,seperti alkohol,daging babi,atau produk-produk yang melibatkan praktik ribawi. Tujuan penelitihan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana etika bisnis dan perilaku konsumen dapat diatur dan dijalankan dalam konteks ekonomi syariah, serta untuk mengidentifikasi area-area di mana ada kebutuhan untuk perbaikan atau pengembangan lebih lanjut dalam praktik bisnis dan perilaku konsumen yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.Penelitihan ini mengunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitihan ini berasal dari sumber resmi dan terpercaya di googel,dan kami juga melakukan observasi secara langsung mengamati prilaku para pembisnis dan konsumen.

.

 

References

An Ras Try Astuti, Etika Bisnis Islam (Kasus-Kasus Kontemporer, IAIN Parepare Nusantara Press: 2022.

Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Iltiham, Muhammad Fahmul & Danif, “Penerapan Konsep Etika Bisnis Islam pada Manajemen Perhotelan di PT. Syari‟ah Guest House Malang”, Jurnal MALIA, Volume 7, Nomor 2, (Juni 2016).

https://greatdayhr.com/id-id/blog/pengertian-etika-bisnis/

https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnishttps://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis

Rosa, Aldea, “Analisis Penerapan Etika Bisnis Yang Berwawasan Lingkungan. Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. (Studi Pada Usaha Dagangannya kepada para pembeli apakah sudah sesuai dengan etika bisnis yang berlaku.”.

Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008),

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008), 2-3

Amir Hamzah, Metode Penelitian Kepustakaan (Malang: Litersi Nusantara, 2019), 2.

Rafik Issa Beekun, Islamic Business Ethics, Herndorn : Suatu Kajian Ekonomi Makro. Jakarta: IIIT Indonesia, 2002.

M. Umer Chapra, Toward A Just Monetary System, Terj. Lukman Hakim, Al-Quran Menuju Sistem Moneter Yang Adil, (Yogyakarta : Dana Bhakti Prima Yasa, 1997).

S Nawatmi, Etika Bisnis dalam prspektif islam, https://media.neliti.com/media/publications/24402-ID-etika-bisnis-dalam-perspektif-islam,Fokus Ekonomi (FE), April 2010, Hal 51 – 52 Vol. 9, No.1 ISSN: 1412-3851

Sri Wigati,Perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi islam, https://www.neliti.com/id/publications/147907/prilaku-dalam-perspektif-ekonomi-islam, Vol,01,No.01,juni2011

Ahmad Syafiq,penerapan etika bisnia terhadap kepuasan konsumen dalam pandangan islam,https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/faqih/article/downlod/54/69/,volume5,no 1,April 2019

Sri Wigati,prilaku konsumen dalam perspektif ekonomi islam,https://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/maliyah/article/view/345,vol,1,No 1.(2011)

Euis Nurul Bahriyah, S.E,. M.Si, Etika bisnis dan tanggung jawab sosial,https://ims-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.

Downloads

Published

2024-06-10